Tentang

Maya Lin lahir pada 5 Oktober 1959, di Athena, Ohio. Dia menerima gelar sarjana dari Yale, di mana ia belajar arsitektur dan patung. Selama tahun senior ia memenangkan kompetisi nasional untuk membuat desain untuk Vietnam Veterans Memorial. desain minimalis nya menimbulkan kontroversi namun telah menjadi sangat populer dengan masyarakat selama bertahun-tahun.

Lahir pada tanggal 5 Oktober 1959, di Athena, Ohio, Maya Lin adalah putri dari intelektual Cina yang melarikan diri tanah air mereka pada tahun 1948, tidak lama sebelum 1949 pengambilalihan komunis. Lin belajar arsitektur dan patung di Yale University dan lulus dengan gelar sarjana pada tahun 1981.

Dalam saat yang menentukan, di tahun senior di Yale Lin memasuki sebuah kompetisi nasional untuk merancang sebuah monumen yang akan didirikan untuk menghormati tentara yang pernah bertugas dan meninggal di Perang Vietnam. Dan pada usia 21, ia akan menjadi seorang seniman untuk menonton ketika desain nya mengambil hadiah pertama dalam kontes dan monumen dia dirancang direncanakan akan dibangun di sudut barat laut dari National Mall di Washington, DC

Desain ia diserahkan itu kontras dengan peringatan perang tradisional: Itu dipoles, berbentuk V dinding granit, dengan masing-masing sisi berukuran 247 kaki, hanya bertuliskan nama-nama lebih dari 58.000 tentara tewas atau hilang dalam aksi, terdaftar di urutan kematian atau hilangnya. monumen itu anggun dan abstrak, dibangun untuk menjadi sedikit di bawah permukaan tanah, dan itu dihindari desain heroik biasa sering dikaitkan dengan peringatan tersebut. Ini, tentu saja, membuat pekerjaan yang kontroversial.

Begitu desain pemenang diresmikan, sekelompok veteran Vietnam keras keberatan dengan hampir semua sifat utamanya, mengacu itu ungenerously sebagai “luka hitam malu.” Pada akhirnya, setelah perdebatan banyak nasional yang mencapai warga negara dan politisi sama, tiga angka yang realistis dari tentara, bersama dengan bendera Amerika yang dipasang di atas tiang 60-kaki, ditempatkan di dekat monumen-dekat cukup untuk menjadi bagian dari itu tetapi cukup jauh untuk melestarikan visi artistik Lin.

Setelah apa yang terbukti menjadi pengalaman yang menguras untuk Lin, monumen itu didedikasikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 11 November 1982, Hari Veteran. Sejak itu menjadi besar, dan emosional, menarik bagi wisatawan, dengan lebih dari 10.000 orang per hari melihat pekerjaan. Telah dicatat bahwa permukaan halus mencerminkan citra pemirsa, membuat setiap pengunjung satu dengan monumen. Kekuatan pekerjaan, Lin menulis, “Saya suka berpikir tentang pekerjaan saya sebagai menciptakan percakapan pribadi dengan setiap orang, tidak peduli seberapa publik setiap pekerjaan dan tidak peduli berapa banyak orang yang hadir.”

Untuk kekuatannya abadi, American Institute of Architects diberikan monumen yang 25-Year Award pada tahun 2007.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s